Senin, 05 November 2012

MEMANFAATKAN INTERNET



UNTUK MEMPEROLEH PEKERJAAN

 



       Internet yang mulai dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah membawa perubahan dalam peradaban kehidupan manusia mulai dari individu sampai kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan yang demikian cepatnya tentu memberikan dampak yang positif maupun negatif, tentu hal ini tergantung bagaimana setiap individu memandang dan memanfaatkan media ini. Anne Ahira dalam tulisannya yang berjudul "Manfaat Teknologi Informasi dalam Dunia Kerja" menyebutkan bahwa: " maraknya penggunaan teknologi informasi dapat membuka lapangan kerja baru", hal ini tentu memberikan angin segar bagi para pencaker terlebih para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja baik di pemerintahan maupun di dunia industri. 



        Dalam artikel ini, penulis mencoba untuk berbagi pemikiran bagaimana memanfaatkan internet sebagai salah satu media untuk mendapatkan pekerjaan. Kita dapat melihat dari tabel Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik No. 74/11/Th. XIV, 7 November 2011 mengenai keadaan ketenagakerjaan Agustus 2011 bahwa tingkat pengangguran terbuka sebesar 6,56 persen yang didominasi oleh lulusan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. 



        Tabel di atas memberikan gambaran bahwa daya serap penempatan untuk lulusan SMA/SMK masih rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
  1. Kompetensi yang dimiliki oleh pencaker masih di bawah kualifikasi jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  2. Para pencaker tidak mengetahui cara yang tepat untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan.
  3. Pemanfaatan internet sebagai salah satu media informasi masih kurang.

        Jika permasalahan yang dihadapi kompetensi yang dimiliki oleh pencaker masih di bawah kualifikasi jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka yang dibutuhkan adalah peningkatan kompetensi yang dapat di fasilitasi oleh Balai Latihan Kerja (BLK), terlebih saat ini BLK-BLK di bawah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi baru mulai pembukaan untuk pendaftaran calon peserta pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah. Informasi mengenai BLK-BLK ini dapat diakses melalui website resmi Kemenakertrans di www.depnakertrans.go.id. Selanjutnya apabila kendala yang dihadapi adalah kesulitan untuk mendapatkan informasi dan kurangnya pemanfaatan internet sebagai salah satu media untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan, maka berikut ini penulis dapat memberikan tips sebagai berikut: 

1. Memanfaatkan www.google.co.id
 
Google sebagai website mesin pencari (search engine) dapat memberikan kemudahan bagi anda dalam mencari informasi apapun termasuk mencari lowongan pekerjaan. Anda cukup mengetikan kata kunci (keyword) pada search engine tersebut maka secara otomatis google akan mencarikannya. 






2. Memanfaakan konsultan fasilitator tenaga kerja seperti:
    a. www.kios3in1.net

Kios 3in1 merupakan website yang dikelola oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I. memberikan pelayanan seutuhnya kepada anda melalui 3 (tiga) program utamanya yaitu Pelatihan, Sertifikasi dan Penempatan. Dalam teknis operasional keseharian website ini dbantu oleh BLK-BLK yang berada di bawah naungan Kemenakertrans R.I







Banyak perusahaan-perusahaan terkemuka yang telah menggunakan jasa konsultan rekrut tenaga kerja melalui jobstreet ini. Pada website ini anda akan diminta untuk membuat account baru dan mengisi form aplikasi online yang di dalamnya menjelaskan mengenai profil dan curriculum vitae. Jobstreet secara otomatis akan mencarikan pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki dan akan menginformasikan setiap lowongan pekerjaan di perusahaan-perusahaan melalui email anda.





    c. www.jobsdb.com

Website ini memiliki pelayanan seperti jobstreet dimana anda dapat dibantu untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki.





3. Memanfaatkan website resmi kementerian, lembaga negara, atau BUMN.

Banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi PNS atau pegawai BUMN, namun terkadang kesulitan untuk dapat informasi mengenai formasi tersebut. Saat ini jaman sudah berubah hampir 99,99% lembaga pemerintahan telah memiliki website yang dikelola sendiri. Segala informasi mengenai kegiatan lembaga tersebut termasuk rekrut pegawai pasti diinformasikan melalui media ini, bahkan ada yang menggunakan tes secara online. 






4. Memanfaatkan website penyedia informasi lowongan lainnya.

Selain sekedar memberikan pelayanan informasi yang update juga ada website-website yang memberikan pelayanan latihan soal-soal baik Psikotes, Tes Potensi Akademis (TPA), Scolastik, dll. Website ini pun penulis fikir dapat menjadi salah satu referensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang layak. 






5. Melakukan bookmarks pada setiap halaman website yang di anggap penting.

Tips yang terakhir adalah memanfaatkan fitur bookmarks browser untuk menandai setiap website yang dianggap penting oleh anda dengan cara:
  1. Klik kanan pada halaman web tersebut, kemudian pilih bookmarks this page.
  2. Kemudian anda dapat menyimpannya di Bookmarks menu atau buat folder tersendiri.
Maka alamat web tersebut akan tersimpan secar otomatis dan anda dapat membukanya kembali kapan saja tanpa perlu mengingat-ngigat alamat web tersebut.






Demikian tips sederhana dari penulis mudah-mudahan dapat menjadi salah satu pencerahan bagi para pembaca terutama para pencaker yang sudah haus akan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar